Cara Beternak Ikan Hias yang Baik dan Benar

Cara Beternak Ikan Hias yang Baik dan BenarMemelihara ikan hias mungkin sudah tidak asing lagi, karena hampir setiap orang pernah memelihara ikan hias terutama pada akuarium untuk mempercantik ruangan. Namun, apakah anda pernah berpikir untuk membudidayakan ikan hias yang anda pelihara tersebut? Di Indonesia saat ini masih sangat jarang sekali orang yang beternak ikan hias, itu dikarenakan minimnya informasi yang dimiliki untuk beternak. Hal tersebut dapat menjadi salah satu keuntungan bagi kita yang mengetahuinya, karena bisa menjadi salah satu kegiatan usaha yang menguntungkan. Namun dalam beternak ikan hias tidaklah semudah yang anda bayangkan. Banyak hal-hal yang harus anda perhatikan dengan baik dan benar, sehingga proses beternak anda akan lancar sesuai dengan apa yang anda harapkan. Nah, lebih lengkapnya tentang cara beternak ikan hias dapat anda simak dibawah ini:

  1. Pehatikan Jenis Ikan untuk Indukan

Langkah awal yang harus anda lakukan dalam beternak ikan hias adalah dengan memilih jenis ikan untuk indukan terlebih dahulu. Misalnya anda ingin mencoba untuk beternak ikan hias cupang, maka hal yang harus anda lakukan pertama kali adalah memilih indukan ikan cupang yang berkualitas dan memiliki harga jual. Umur ikan yang akan kita ternak pun sangat menunjang kelancaran beternak kita. Pada ikan cupang biasanya indukan jantan dan betina waktu yang tepat untuk anda kawinkan adalah usia 6 bulan keatas atau pada saat ikan sudah dewasa dan matur.

  1. Tempat Budidaya

Selanjutnya adalah dengan memperhatikan tempat yang akan anda gunakan untuk budidaya. Dalam hal ini, anda dapat menggunakan banyak tempat budidaya sesuai dengan ketersediaan lahan ditempat anda. Anda dapat menggunakan aquarium, kolam plastik atau kolam terpal dan juga box stryrofoam. Berbeda dengan beternak ikan konsumsi, beternak ikan hias tidak lah membutuhkan kolam yang luas.

  1. Air

Air disini sangat penting, karena air sendiri adalah media untuk ikan hidup. Air yang cocok untuk ikan hias biasanya memiliki PH berkisar 6,3 – 7 artinya PH yang cocok untuk ikan hidup dan berkembang biak adalah pada PH netral. Usahakan juga anda memasukan tanaman air seperti hydrila atau cabomba agar ikan hias yang akan anda pijahkan merasa berada di habitat aslinya.

  1. Pakan Ikan

Jika anda telah berhasil memijahkan indukan ikan hias anda, maka langkah selanjutnya yang harus anda siapkan adalah makanan ikan untuk burayak anda. Burayak ikan hias biasaya mulai belajar makan setelah menetas umur 4 hari. Artinya mereka mulai makan saat cadangan makanan atau yolk mereka telah habis dan ikan sudah mulai berenang normal. Makanan ikan sangat penting untuk anda siapkan sebelum anda melangsungkan proses pemijahan. Disini makanan yang tepat untuk burayak ada beberapa jenis sesuai dengan bukaan mulut burayak, dan usahakan menggunakan makanan hidup atau alami seperti artemia.

Nah, itulah beberapa hal yang harus anda siapkan terlebih dahulu agar proses beternak ikan hias dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan apa yang anda harapkan.